Kamis, 20 September 2012

Lumpia Kembang Tahu



Untuk 4 porsi

Isi
1/2 sdm ebi
2 sdm minyak goreng 
2 siung bawang putih, cincang halus
5 jamur shiitake segar, potong tipiis
200 g rebung muda*, potong halus panjang
1/2 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
3/4 sdt garam
1 sdt minyak wijen
200 g taoge

Kulit
6 lembar kembang tahu** yang lebar

Pelengkap

Saus bangkok botolan 
1 batang daun ketumbar, cincang

.. Isi: rendam ebi dalam air panas selama 20 menit, tiriskan dan haluskan. Panaskan wajan, masukkan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Masukkan jamur shiitake dan rebung, aduk 2 menit. Beri kecap manis, gula, garam, dan merica. Beri air dan minyak wijen, masak sampai mengering. Masukkan taoge, aduk dan matikan api. Angkat, tiriskan.

.. Kulit: rendam kembang tahu dalam air matang hingga lemas. Angkat dan bungkus dalam serbet lembap (tidak basah kuyup). Diamkan 10 menit. Ratakan pinggirnya. Potong setiap lembar sepanjang 20 cm. Gunting pinggirnya yang keras.

.. Menggulung: taruh sebagian isi dekat salah satu sudut kembang tahu. Gulung kencang sampai setengah jalan. Lipat kiri dan kanan ke tengah, teruskan menggulung (waktu di goreng kulit tahu mengeras dan isinya tidak akan berantakan).

.. Menggoreng: panaskan 2 sdm minyak, kecilkan api. taruh gulungan kembang tahu berdempetan di atas wajan. Goreng hingga kecoklatan. Balik dan goreng sisi satunya lagi.

.. Penyajian: setelah dingin, potong panjang 4-5 cm. Taruh di piring saji.Basahi dengan saus bangkok dan taburi daun ketumbar.

Info nutrisi per porsi
    Energi: 217,5 kalori
    Lemak: 12,5 g 
    Karbohidrat: 14,5 g
    Kolesterol:0 mg

*Rebung: Anda bisa memakai rebung kalengan yang siap di pakai. Ini sangat memudahkan. Tapi kalao anda memakai rebung dari pasar atau supermarket, setelah di iris tipis, rebus rebung dengan 1 sdm gula pasir sampai mendidih. Diamkan sampai dingin. Lalu saring dan peras rebung . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar